Pemandangan Umum Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional Atas Raperda APBD 2019

By Media Center 06 Des 2018, 14:13:51 WIB Berita
Pemandangan Umum Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional Atas Raperda APBD 2019

Gambar : Bambang Setyabudi, Juru Bicara FGAB Pembangunan Nasional


Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional, dalam pemandangan umumnya menyampaikan beberapa catatan penting. Secara nominal,  menurunnya proyeksi pendapatan daerah terlihat pemerintah daerah pesimis. Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional meyakini penurunan target pendapatan tahun 2019 menjadi peringatan untuk lebih seriusnya lagi pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah. 

“Penurunan RAPBD tahun 2019 akan sangat berdampak pada jalannya roda pemerintahan di kabupaten Pacitan dan juga mempengaruhi tingkat capaian target indikator kerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Untuk itu, fraksi kami meminta kepada pemerintah daerah untuk benar-benar selektif dalam mengalokasikan anggaran pada tahun 2019, skala prioritas harus sangat dipertimbangkan,” kata Bambang Setyabudi, juru bicara Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional.

Hal serupa terdapat juga pada pendapatan lainnya. Seperti misalnya PAD yang peningkatan rata-rata berkisar tiga sampai lima persen menunjukkan pemerintah daerah belum bisa keluar dari zona nyamannya. Sebisa mungkin, pemerintah harus lebih kreatif, inovatif dalam menggali potensi daerah sebagai sumber pundi-pundi daerah.

“Kabupaten Pacitan harus berani melakukan inovasi, intensifikasi pemungutan, penggalian potensi pendapatan, pengendalian, pengawasan untuk memperkecil tingkat kebocoran agar tercipta kemandirian daerah, sehingga tidak terlalu bergantung pada Pemerintah Pusat,” katanya lebih lanjut.

Terhadap prioritas pengurangan angka kemiskinan, target tahun 2019 angka prosentase penduduk miskin di Kabupaten Pacitan turun 00,07% menjadi 14,75% melalui Program Grindulu Mapan, Program Perlindungan Sosial, pemberian Bantuan pendidikan dan Jaminan Kesehatan Daerah. Pagu Aggaran yang besar untuk target mengentaskan kemiskinan ini, maka Pemerintah Daerah harus berinovasi meningkatkan SDM dengan pemberdayaan masyarakat melalui Pelatihan Ketrampilan, dan memberi jalan mendapatkan modal bergulir sehingga masyarakat kategori miskin bisa terangkat.

Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional mendukung dan meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Pacitan hendaknya dalam implementasi program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan serta tepat sasaran, dengan harapan nantinya dapat terciptanya masyarakat Pacitan yang berdikari, mandiri dan berdaya saing,” tandas Bambang Setyabudi.

Selain itu, prioritas peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan anggaran pada sektor pariwisata juga menjadi catatan Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment