Pantau Kesiapan Pasar Daerah Jelang New Normal

By Media Center 30 Jun 2020, 11:51:12 WIB Berita
Pantau Kesiapan Pasar Daerah Jelang New Normal

Gambar : Jajaran komisi III bertemu dengan pengelola pasar Arjosari


Dampak pandemi covid-19 sangat di rasakan para pedagang pasar tradisional. Omset penjualan anjlok drastis akibat jumlah pembeli menurun,imbas kebijakan physical distancing. “Jangankan untung, untuk mengembalikan modal jualan saja sulit kalau saat sekarang ini,” ungkap Beti, salah satu pedagang di pasar yang baru saja di rehab oleh Pemkab Pacitan itu.

Mengantisipasi salah satu dampak corona ini, pemerintah tengah menyiapkan skema tatanan sosial yang baru, atau new normal. Harapanya, masyarakat tetap dapat melakukan akfifitas sehari-hari termasuk berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok. Namun, dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan sesering mungkin mencuci tangan. ”Kami pantau kesiapanya hari ini. Harus segera di susun dengan baik,jangan sampai dampak ekonomi ini berimbas pada meningkatnya angka kemiskinan,” ungkap Prabowo, Ketua Komisi III DPRD Pacitan, saat berkunjung ke Pasar Arjosari (8/6).

Selain bertemu dan mendengar keluhan pedagang, jajaran komisi III juga menggelar diskusi dengan pengelola pasar setempat. Mereka berharap, pengelola pasar melaksanakan langkah yang tepat agar roda ekonomi pasar terus berjalan,dengan tetap mengedepankan aksi penanganan wabah covid-19. Komisi III juga berharap, aturan protocol kesehatan di lingkungan pasar di laksanakan dengan tegas.

Di sisi lain, komisi III juga mendorong pemerintah daerah aktif memantau harga kebutuhan pokok di pasaran. Seperti beras,minyak goreng gula dan telur. Pengawasa amat sangat di perlukan agar kebutuhan pokok  tetap bisa di jangkau oleh masyrakat .




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment