Pacitan Masuk Kawasan Percepatan Pembangunan Nasional

By Media Center 21 Jan 2020, 08:55:50 WIB Berita
Pacitan Masuk Kawasan Percepatan Pembangunan Nasional

Gambar : Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur  dan Pengembangan Wilayah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI  saat berkunjung ke pacitan


Masyarakat Kabupaten Pacitan patut bersyukur. Pasalnya, kota berjuluk 1001 goa ini, menjadi salah satu daerah yang masuk kawasan percepatan pembangunan nasional. “Nah ini sedang kita lihat, perkembangan apa saja yang bisa di buat di pacitan ini, tadi pak bupati mengatakan pariwisata salah satunya,’’ ujar Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur  dan Pengembangan Wilayah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI  saat berkunjung ke Pacitan.


Pemerintah sudah meneken, Peraturan Presiden nomor 80 tahun 2019, tentang percepatan pembangunan. Terdapat sejumlah titik prioritas sasaran program percepatan pembangunan di pacitan. Termasuk alokasi anggaran yang sudah di siapkan oleh pemerintah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) . Rincianya, pembangunan dermaga dan fasilitas pelabuhan Gelon sebesar 50 M, pembangunan jalan akses dari JLS menuju pelabuhan Gelon sebesar 80 M, pembangunan aksesibilitas antar kawasan di Geopark Gunungsewu dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) senilai 195,39 M, pengembangan Geopark Gunungsewu sebesar 8,60 M, dan pembangunan parapet rehabilitasi pengaman tebing sungai Asemgandok senilai  14,21 M.


Percepatan pembanguan tersebut bakal berdampak pada perkembangan ekonomi. Pun industri skala  besar di gadang bakal bermunculan di pacitan. ‘’Industrinya harus dibangun juga. Kalau tidak, pelabuhan gak ada gunanya. nah ini akan kita lihat barangnya darimana saja agar pelabuhan bisa jalan,’’ paparnya.


Sementara itu, Bupati Pacitan indartato menyambut baik program besutan Presiden Joko Widodo ini. Pihaknya turut bersyukur, pemerintah pusat turun tangan membangun wilayah di pesisir Selatan Jawa ini. Menurutnya, pemerintah daerah bakal berupaya maksimal mendukung percepatan pembangunan tersebt. Salah satunya lewat koordinasi, komunikasi serta konsultasi  dengan pemerintah yang lebih atas.  “Saya minta pak sekda (heru wiwoho, red) dan jajaran melakukan antisipasi dan analisa baik aturan, apa saja yang bisa dikembangkan termasuk resiko dampak,” kata Bupati Indartato.


Senada dengan eksekutif, Komisi IV DPRD Pacitan yang turut menemani rombongan kementrian meninjau proyek pelabuhan Gelon, berharap kebijakan ini dapat mendorong kemajuan daerah dari berbagai lini. Baik ekonomi, budaya dan pariwisata.”Program percepatan ini, kami harap bisa mendongkrak kesejahteraan masyrakat pacitan dari berbagai sektor” terang Pujo Setyo Hadi, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pacitan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment