Musrenbang Online, Optimis Membangun Pacitan Ditahun 2021

By Media Center 02 Jun 2020, 08:44:27 WIB Berita
Musrenbang Online, Optimis Membangun Pacitan Ditahun 2021

Gambar : Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayu Aji membacakan sambutan pada gelaran musrenbang online di ruang rapat bupati pacitan, Rabu(8/4)


Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayu Aji mengapresiasi terselenggaranya musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD ) tahun 2021. Meski musrenbang di gelar secara  online seusai  protokol kesehatan di tengah pandemi corona, pihaknya berharap substansi kegiatan ini tetap tercapai dan membuahkan perencanaan yang matang. ” Musrenbang telah didahului dengan tahapan forum konsultasi publik,  musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan serta forum SKPD, yang insyaallah telah berjalan sukses dan membuahkan ide, usulan pembangunan dan aspirasi yang baik demi mendukung upaya membangun pacitan tercinta” .Ungkap pria yang akrab di sapa mas Aji itu dalam sambutanya.

Tema pembangunan tahun depan mengarah pada pertumbuhan ekonomi dan penanganan kemiskinan melalui pembangunan sektor unggulan daerah yang berkelanjutan. Ia berharap kegiatan musrenbang tidak sekedar seremonial belaka. Perencanaan yang matang dengan melibatkan semua pihak, harus di susul dengan eksekusi yang optimal. Pemerintah daerah musti lebih serius menyelesaikan pekerjaan rumah dalam rangka mencapai visi dan misi bupati, sejahtera bersama rakyat. 

Salah satu PR nya ialah melepas belenggu kemiskinan yang masih menjerat 13,62 persen masyrakat pacitan. Ia berharap bupati dan jajaranya lebih serius bertindak menekan prosesntase penduduk miskin ini. Diantara caranya, memastikan semua program penanganan dan penanggulangan kemiskinan tepat sasaran.

Ia juga mendorong pemerintah daerah bijak menghadapi pandemi global wabah corona.Pasalnya, selain membuat ekonomi masyrakat menurun, munculnya pandemi wabah corona ini membuat tantangan pembangunan kedepan semakin berat.Bukan tak mungkin, jumlah penduduk miskin dan pengangguran bertambah imbas dari masyrakat yang tidak bekerja.Terlebih, Banyak program dan kegiatan yang tidak bisa berjalan maksimal pada tahun 2020, akibat realokasi dan refocusing komposisi APBD yang harus di lakukan eksekutif demi mencegah pagebluk ini.

Musrenbang RKPD 2021 juga di ikuti secara virtual online, oleh para anggota DPRD Pacitan melalui jarak jauh. Mereka juga menyodorkan pokok pokok pikiran hasil serap aspirasi rakyat. Di harapkan musrenbang ini membuahkan perencanaan program dan kegiatan yang pro rakyat.
 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment