Fraksi-Fraksi DPRD Pacitan Resmi Terbentuk

By Media Center 26 Agu 2019, 14:24:52 WIB Berita
Fraksi-Fraksi DPRD Pacitan Resmi Terbentuk

Hari pertama masuk kantor, DPRD Pacitan masa jabatan 2019 – 2024 langsung menggelar sidang paripurna internal dengan agenda pembentukan dan pengumuman pimpinan dan anggota fraksi DPRD Kabupaten Pacitan, pada Senin (26/8/2019).

Berdasarkan ketentuan Pasal 40 ayat (1) Peraturan DPRD Kabupaten Pacitan nomor 1 ahun 2018, tentang tata tertib DPRD Kabupaten Pacitan, bahwadalam hal pimpinan DPRD belum terbentuk, DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara. Sedangkan dalam pasal 41, disebutkan bahwa pimpinan sementara DPRD bertugas, pertama memimpin rapat DPRD. Kedua, memfasilitasi pembentukan fraksi. Ketiga, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib. Dan, keempat, memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD, serta hak dan kewajiban anggota DPRD, perlu dibentuk fraksi-fraksi sebagai wadah berhimpunnya anggota DPRD,” kata Ketua DPRD Pacitan sementara, Ronny Wahyono.

Selengkapnya daftar nama-nama, unsur pimpinan dan anggota fraksi adalah sebagai berikut.

Fraksi Partai Demokrat, Ketua Indrata Nur Bayu Aji, Wakil Ketua Pujo Setyo Hadi dan Sekretaris Anung Dwi Ristanto. Dengan anggota, Ronny Wahyono, Gimat, Triyani, Suprihatini Winarcahyani, Wahidin, Boimin, Heru Puspo Handoyo, Tumardi, Aris Setia Budi, Rudi Handoko dan Titik Ernawati.

Fraksi Partai Golkar, Ketua Lancur Susanto, Wakil Ketua Prabowo dan Sekretaris Tejo Kusmoro. Dengan anggota, Gagarin, Sri Widowati, Bambang Suseno, Wahyu Agus Suryanto, Budi Sarwono dan Tri Santosa.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDI Perjuangan), Ketua Heru Setyanto, Wakil Ketua Widadi dan Sekretaris Heriyanto. Dengan anggota, Eko Setyoranu, Sabarudin Achmad dan Melia Windayana.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), Ketua Arifin, Wakil Ketua Wahyu Pujiono dan Sekretaris Adi Subroto. Dengan anggota Fibi Irawan dan Ridwan Purnomo Aji.

Sedangkan Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan sepakat membentuk fraksi gabungan dengan nama Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan (FGAB-GKP). Sebagai ketua Handaya Aji, Wakil Ketua Bambang Margono dan sekretaris Agus Setyanto. Dengan anggota Ririn Subianti, Samsuri dan Sediono.

Untuk Partai Nasdem dan Partai Hanura sepakat bergabung menjadi satu fraksi dengan nama Fraksi Hanura Nasdem. Dengan susunan, Ketua Bagus Surya Pratikna, Wakil Ketua Sutikno dan Sekretaris Bambang Setyabudi. Dengan anggota, Rudi Hartoyo dan Hariawan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment