DPRD Pacitan Setujui Rancangan KUA-PPAS Tahun 2020

By Media Center 26 Jul 2019, 12:31:59 WIB Berita
DPRD Pacitan Setujui Rancangan KUA-PPAS Tahun 2020

Gambar : Pendatanganan Berita Acara KUA/PPAS APBD 2020


Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan, menyetujui rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) - Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020, dalam rapat paripurna yang digelar pada, Rabu (3/7/2019).

Pendapatan daerah dalam rancangan tersebut dipatok Rp 1,767 triliun lebih. Berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 184 miliar lebih, dana perimbangan Rp 1,266 triliun lebih. Serta, pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 315 miliar lebih.

Di sisi lain, dalam rancangan tersebut belanja daerah diperkirakan mencapai Rp 1,767 triliun lebih, terdiri dari belanja tidak langsung Rp 1,078 triliun lebih dan belanja langsung sebesar Rp 689 miliar lebih.

Selain perangkaan, dalam pembahasan terdapat beberapa substansi dan priotitas yang pelu menjadi perhatian bersama. Diantaranya, Dinas perpustakaan dan Kearsipan, penambahan koleksi buku perpustakaan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pengelolaan Monumen Jendral Sudirman, pembangunan museum Song Terus dan pergeseran anggaran kegiatan rehabilitasi sedang/berat gedung kantor.

Selain itu, pada Dinas Kesehatan,relokasi Puskesmas Ngadirojo dan Puskesmas Candi untuk segera direalisasi. Memaksimalkan dana BOK dan JKN di Puskesmas agar fungsi preventif dapat tercapai sehingga KLB Hepatitis A tidak akan terjadi.

Pada Dinas PU dan PR, pemerintah daerah selalu koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait kelanjutan pelebaran dan peningkatan jalan provinsi Arjosari-Purwantoro batas Jateng. Untuk Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, pembangunan RTLH supaya tepat sasaran. Begitu juga dengan besaran bantuan per RTLH agar ditinjau ulang.

KPU dan Banwaslu di KUA/PPAS 2020 juga mendapatkan anggaran. Untuk KPU disepakati tiga tahapan yaitu, di KUA/PPAS perubahan APBD 2019 sebesar Rp 750 juta, KUA/PPAS APBD 2020 Rp 28.750 miliar dan di KUA/PPAS perubahan APBD 2020 sebesar Rp 94 juta lebih. Sedangkan Banwaslu disepakati di KUA/PPAS APBD 2020 sebesar Rp 11.500 miliar.

Sementara itu, ‎Bupati Pacitan Indartato, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Pacitan yang telah membahas rancangan KUA/PPAS APBD 2020 dengan lancar.

“KUA dan PPAS yang telah disepakati antara kepala daerah bersama DPRD nantinya akan menjadi pedoman untuk menyusun RKA SKPD dan penyusunan RAPBD tahun 2020,” kata Bupati Indartato




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment